Yakinlah Bekerja Itu Bukan Cuma Tentang Uang, Tapi Juga Tentang Kenyamanan


Saat semua telah tiada, mungkin kita baru  merasakan betapa berharga dan pentingnya sesuatu tersebut. Ketika semua tersedia dan semuanya ada, sering kita acuh bahkan meremehkan dan tak menghiraukannya sama sekali. Peranannya hanya sebatas itu - itu saja, tak lebih.

Saat kita memiliki Asisten Rumah Tangga ( Pembantu ), yang ada dalam benak kita hanya dengan menggaji mereka dengan layak maka mereka juga akan senang, bekerja dengan rajin, bekerja dengan semangat. Akan tetapi sebenarnya para Asisten Rumah Tangga juga sama seperti kita, kita yang bekerja di sebuah perusahaan atau sebuah lembaga pemerintahan. Kita bekerja dengan senang, bekerja dengan rajin dan bekerja dengan semangat, bukan atas dasar mendapatkan penghasilan yang layak saja.

Ga usah munafik lah, tak dapat di pungkiri bekerja memang untuk mencari hasil ( gaji yang layak ), akan tetapi semua yang menjadi faktor kita bekerja bukan hanya gaji yang layak saja, ada sesuatu yang membedakan antara si pekerja satu dengan si pekerja lainya. Ok lah, siapa sih orang yang tak ingin bekerja dengan gaji yang layak, gaji yang besar, bahkan lebih dari yang dibayangkan atau melebihi UMK alias Upah Minimum Kabupaten atau UMR a.k.a Upah Minimum Regional  ( Misal UMK Brebes kurang lebih 1,7 juta buat daerah Brebes , ya tahun 2019 sekitar 1.665.000 ribu ) tapi bisa dilihat banyak dari pekerja atau seseorang yang bekerja dalam sebuah wilayah yang memiliki penghasilan atau pun gaji yang dibawah standar akan tetapi mereka rela, ikhlas menjalani pekerjaannya.

Bertahan dengan pekerjaannya walau tak sesuai dengan kebutuhan hidup. Ada lagi contoh mereka yang memiliki gaji atau penghasilan yang lebih dari cukup bahkan pekerjaan tersebut memiliki gaji yang hampir 3 kali lipat dari UMK yang di tetapkan akan tetapi tak sedikit dari mereka yang mengundurkan diri atau keluar dari pekerjaan.

Bekerja tidak hanya soal penghasilan, tak dapat di pungkiri memang bekerja adalah mencari penghasilan. Akan tetapi penghasilan bukan satu - satunya faktor yang menjadikan orang mau bekerja. Perlu diingat itu, tanyakan pada mereka kenapa mau bekerja padahal mendapatkan gaji atau penghasilan yang kurang memadahi ? ? ?

Bahkan seorang tersebut sudah bekerja tidak hanya 1, 2, 3 tahun sampai belasan tahun mereka melakukan pekerjaan yang hasilnya tak seberapa akan tetapi mereka punya alasan kenapa mau, kenapa masih melakukan, kenapa tak berhenti bekerja saja. Ada juga seorang pekerja yang memiliki gaji Fantastis, 3 kali dari UMK atau UMR yang telah ditetapkan akan tetapi mereka lebih memilih mengundurkan diri atau keluar dari pekerjaan tersebut padahal baru bekerja 2 sampai 3 bulan dengan berpenghasilan 3 juta sampai 5 juta perbulannya. Tanya pada orang tersebut kenapa keluar, kenapa tak dilanjutkan, kenapa hanya bertahan 3 bulan saja.

Sekali lagi perlu diingatkan bekerja semata - mata bukan hanya atas dasar uang, alasan orang berbeda - beda dalam menentukan sikap mau bekerja apa, mau bekerja pada siapa dan mau bekerja untuk apa. Kita tak dapat memakskan, sebab kita juga tak ingin dipaksa dalam hal pekerjaan. Nikmati saja pekerjaan mu, saya juga menikmati pekerjaan ini, mereka senang dengan pekerjaannya... Hidup dalam pekerjaan jangan terlalu, hidup hanya tentang pekerjaan juga jangan terlalu. Bekerjalah untuk menghidupi, bekerjalah untuk kebahagian, bekerjalah untuk dunia dan akhirat mu.

Posting Komentar

0 Komentar