Guru Ku ( Sesi 2 )


Tapikan enak, kerja kaya gitu doank gaji besar ? ? ? ?

Emang yang kalian lihat kerjanya kaya gmna??

Berangkat pagi, berpakaian rapi, pakai motor, sepatu kinclong, pulangnya santay.


Guru itu tak seperti yang kalian bayangkan, Guru itu memiliki perasaan.

Mungkin ada guru yang mengajar hanya masuk, bilang ada PR ga?? Kalau ga ada, buka halaman sekian, baca dan pahami, kalau ada yang ga paham tanyakan ( dijamin jarang ada pertanyaan dari siswa, dijamin banyak siswa yang tidak membaca hanya buka halamannya saja, dijamin siswa hanya ngobrol, bermain - main ).

Satu jam kemudian guru tanya, ada yang ga paham ( pasti cuma diam ), kemudian disuruh mengerjakan soal, setelah jam pelajaran mau selesai tanya lagi, sudah selesai belum ( jawabnya pasti belum ), kemudian buat PR.

Mungkin kalau guru semua seperti itu, siswa enjoy, negara hancur karena tidak menghasilkan penerus bangsa yang pintar dan seperti yang diharapkan. Guru pun akan sehat selalu, jarang ada guru sakit ( karena jiwanya selalu slow ), mau pintar atau tidak bukan urusan saya, guru kewajibannya menyampaikan materi. Bisa dibayangkan guru di sekolah kalau seperti itu kan? ? ?

Tapi guru tidak semua seperti itu, guru itu memakai hati melihat anak didiknya tidak paham hati merasa bersalah, merasa tidak mampu mengajar, merasa selama ini gelar yang disandangnya tak berguna. Itu lah guru yang baik, tidak membiarkan anak didiknya terjerumus ke hal - hal yang buruk apa lagi kebodohan. Jangan pernah marah kalau ada guru yang memarahi kalian karena tidak seperti yang diharapka, guru itu hanya menginginkan yang terbaik buat kalian, sebisa mungkin apa yang kalian tidak pahami menjadi paham. Apa lagi kalian membenci guru sampai tidak pernah masuk pelajarannya.

Guru juga manusia yang memiliki hati, jaga perasaannya, guru adalah orang tua kalian saat berada di Sekolah, guru tempat curahan hati. Tidak ada guru galak, itu hanya persepsi atau pandangan kalian, semua guru sama. Pahami dan mengerti lah tugas guru itu berat, lebih berat dari dari pada orang tua kalian sendiri.

Orang tua banyak berharap kelak anaknya menjadi sukses, dan salah satu faktor yang membuat kalian sukses adalah peran seorang guru terhadap masa depan kalian.

Kalian sering dengar apa bila ada seorang siswa yang berprestasi pasti yang dipuja dan dipuji adalah orang tuanya ( wah hebat anaknya siapa yah ), Tapi saat seorang siswa terkena maslah pasti yang mendapat cercaan, makian atau yang menjadi pertanyaan adalah guru ( siswa xo gitu banget, gurunya siapa sich ).

Padahal peran guru hanya sebentar jam 7 pagi sampai 11 apa bila SD, jam 7 pagi sampai 1 siang apa bila SMP, jam 7 pagi sampai 3 sore apabila SMA / SMK. Itu juga tidak 100% guru mengawasi kalian setiap waktu. Dari rentan waktu yang begitu pendek seorang guru harus bisa atau dituntuk menjadikan anak didiknya sukses, padahal apabila sukses yang mendapatkan dampak paling besar adalah orang tuanya ( siapa dulu bapaknya, siapa dulu ibunya ), itu lah tugas berat seorang guru . . . . .  Tak seperti yang kalian bayangkan

Posting Komentar

0 Komentar