Guru Ku ( Sesi 1 )


Enak yah jadi guru? Setiap hari cuma menerangkan, ngasih tugas, ngasih nilai ?

Hehehehehehe . . . . . Yang enak ya siswa, sekolah saja yang bener. Ga usah neko - neko, pagi berangkat, masuk kelas yang rajin, mendengarkan guru menerangkan, mengerjakan tugas. 

Pasti hidup mu slow, ada waktunya juga kan istrahat, jajan, ngobrol. Waktu masuk ya masuk, waktu istirahat ya istrahat, waktu pulang ya pulang. Pokoknya jalani aja masa kalian menjadi siswa, masalah percintaan, masalah persahabatan, masalah musuh - musuhan, itu hanya bumbu dalam menjalani masa sekolah. Jangan samapai kalian berhenti sekolah, malas masuk sekolah cuma gara - gara musuhan sama teman, wah apa lagi karena cinta yang hancur. Sekolah yang bener, masalah nanti sukses atau tidak sukses itu tergantung kaliannya saja. Sekolah yang bener juga belum tentu sukses apa lagi sekolah ga bener... Iya kan??

Nah jangan kalian anggap menjadi guru itu enak, enak itu kalau kalian juga enak.

Coba bayangkan seorang guru yang 1 hari harus masuk ke kelas sampai 4 - 5 kelas, menenerangkan, membacakan atau harus berbicara sampai 1 jam penuh ( 60 menit ), sehari harus 5 jam berbicara tak henti, 300 menit lho... Bayangkan ???

Bisa kan membayangkan, kalau berbicara dengan pacar mah enak, seharian ngobrol juga seneng, hati berbunga - bunga. Lah ini, guru harus menerangkan sama siswa yang berjumlah 30 - 36 siswa yang keseluruhannya memiliki karakter yang berbeda - beda, ada yg diterangkan mendengarkan 50% ( karena gurunya ganteng ), ada yang diterangkan tiduran ( jadi supermen tangan kiri jadi sandaran kepala, tangan kanan maju ke depan ) 30% , 15% asyik ngrumpi ( ngobrolin cowo, guru-guru yang ga disukai, ngobrolin hal- hal diluar pelajajaran ), 5% sudah terbawa alam mimpi yang indah ( ngiler ).

Bisa dibayangkan kan?

Pas menerangkan ada saja siswa yang bolak balik ke WC ( cuma mau lihat cowo ganteng yang berada dikelas lain ), ada yang nyanyi ( padahal suaranya mah fals, bagusan diam ketimbang bersuara ), lempar - lemparan bolpoint, kertas sobekan di gulung - gulung jadi bola, aneh - aneh saja lah tingkah kalian.

Guru itu enak mengajar kalau kalian yang diterangkan cepat paham, aktif bertanya, nurut, mengerjakan tugas, mengumpulkan tugas tepat waktu ( apa bila siswanya cantik mah bonus ) hehehehehehehehe . . . . . . . . Nah itu yang dinamakan guru enak.

Pas diterangkan rame, ditanya sudah paham? diam saja, ditanya ada yang belum jelas? diam saja, ditanya ada yang mau ditanyakan? diam saja, pas dikasih tugas ga ada yang mengerjakan dengan berbagai alasan, ga paham lah, ga jelas lah, menerangkannya terlalu cepat lah, tulisan dipapan tulis ga bisa dibaca lah, bukane mudeng malahan mubeng ( bingung ).

Disitu kadang seorang guru merasa berbicara dengan Patung yang berbentuk manusia, yang memakai pakaian rapi. Kadang guru merasa hidup sendirian ditengah keramaian, kadang guru merasa berada di neraka, cape - cape menerangkan tidak ada yang paham, kadang ingin melempar buku paket yang beratnya 1 kg ke halaman kelas dan berteriak sekencang mungkin.

Posting Komentar

0 Komentar